6 faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Manusia

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia yaitu :

1. UDARA
Udara merupakan kebutuhan pokok manusia, kehilangan udara beberapa menit saja dapat berakibat fatal bagi tubuh, udara yang dibutuhkan tubuh adalah udara yang sehat alami, bebas polusi, akan tetapi tidak bisa dipungkiri manusia sangat kesulitan untuk memilih udara yang sehat yang akan dihirup setiap harinya. 
Udara yang tercemar radikal bebas semisal dari polusi limbah pabrik, polusi kendaraan dan lainnya. Ketika zat radikal bebas terlalu banyak masuk kedalam tubuh manusia, maka akan menyebabkan tubuh mudah menjadi sakit dikarenakan tingginya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menghambat aliran darah dalam proses pembentukan imunitas tubuh, serta tubuh juga berpotensi terjangkit kanker dan lain sebagainya. Maka yang bisa dilakukan adalah melawan, atau lebih tepatnya membersihkan radikal bebas yang telah masuk ke dalam tubuh yaitu dengan cara lebih sering mengkonsumsi zat-zat antioksidan dari sayur-sayuran atau buah atau bahkan mengkonsumsi suplemen herbal alami yang mengandung antioksidan tinggi.

2. AIR
tubuh manusia juga membutuhkan air untuk dapat bertahan hidup, bahkan 75% komposisi tubuh terdiri dari air. Seringkali manusia kurang mencukupi kebutuhan cairan dalam sehari dan juga kesulitan memilih air yang sehat dan bersih yang akan dikonsumsi serta secara tidak sadar mengkonsumsi air yang sepertinya sehat tetapi masih kurang sehat dan bersih sehingga hal ini akan dapat menjadikan sakit seperti diare, infeksi usus dan lain sebagainya.

3. MAKANAN & MINUMAN
Pada dasarnya tubuh manusia merupakan cerminan dari apa yang telah dikonsumsi dan diminum dimasa lalu. Makanan dan minuman merupakan faktor yang paling berpengaruh pada kesehatan mannusia, dan faktor ini juga tergolong sangat sulit untuk dirubah, baik karena pengaruh kebiasaan, nafsu, lingkungan, serta keuangan. Tentu pola makan yang kurang seimbang atau dalam artian pola makan yang tinggi kandungan lemak jenuh, makanan siap saji yang rendah sayur dan buah tentu akan menjadikan seseorang menjadi mudah jatuh sakit.

4. STRES
Tanpa disadari maupun disadari bahwasanya kesahatan seseorang itu sangat tergantung oleh kondisi stres setiap orang. Secara ilmiah disebutkan bahwa seseorang yang stres atau tertekan pikirannya akibat masalah-masalah yang dihadapi secara otomatis tubuh akan memberikan respon negatif berupa menurunnya produksi hormon endorvin, serotonin (sebuah hormon tubuh yang berperan untuk pembentukan imunitas tubuh). Maka secara tubuh akan mengalami penurunan tingkat imunitas (kekebalan tubuh) disaat inilah tubuh menjadi sangat rentan untuk diserang berbagai penyakit baik yang berasal dari dalam maupun dari luar tubuh.

5. OLAHRAGA
Olahraga menjadi salah satu kunci terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia dan menjadi pilihan terbaik untuk membakar kalori (energi), melancarkan aliran darah dan mempercepat metabolisme tubuh. Sayangnya banyak dari kita yang tidak memiliki kebiasaan olahraga secara rutin, setidaknya 3 kali setiap minggunya, sehingga tubuh tidak bisa optimal dalam proses alamiahnya, sepertihalnya menurunnya proses pembakaran lemak, proses pembentukan imunitas atau kekebalan tubuh dan lain sebagainya.

6. ISTIRAHAT
Tubuh manusia bukanlah sebuah mesin yang bisa dinyalakan secara non-stop tanpa henti. Istirahat merupakan salah satu bentuk perhatian / kepedulian kita terhadap tubuh kita sendiri. Asumsinya dengan istirahat yang cukup dan berkualitas maka tubuh akan memiliki kesempatan untuk melakukan detoks atau pembersihan dari berbagai macam racun, virus, bakteri bahkan radikal bebas yang seharian masuk kedalam tubuh, dengan istirahat maka tubuh bisa melakukan regenerasi sel dengan sempurna. Akan tetapi jika tubuh tidak memiliki kesempatan untuk istirahat dengan cukup maka dipastikan tubuh tidak bisa melakukan berbagai proses pembersihan racun, virus, bakteri dan sebagainya sehingga tubuh akan sangat mudah menjadi sakit.

Baca : Golongan Penyakit
  
Sumber 
Buku jurus jitu sehat alami

0 comments